Sabtu, 03 Desember 2016

Penjadwalan Pelanggan

      2.      Minimisasi Waktu di dalam Sistem (Penjadwalan)
      Persoalan: Sebuah server (dapat berupa processor, pompa, kasir di bank, dll) mempunai n                     pelanggan (customer, client) yang harus dilayani. Waktu pelayanan untuk setiap pelanggan 
      i  adalah ti.
            Minimumkan total waktu di dalam sistem: 
       (waktu di dalam sistem)
Ekivalen dengan meminimumkan waktu rata-rata pelanggan di dalam sistem.
Misal :  Tiga pelanggan dengan
            t1 = 5,  t2 = 10,            t3 = 3,
Enam urutan pelayanan yang mungkin:
============================================
Urutan             T 
============================================                                               
1, 2, 3: 5 + (5 + 10) + (5 + 10 + 3 ) = 38
1, 3, 2:             5 + (5 + 3) + (5 + 3 + 10) = 31
2, 1, 3: 10 + (10 + 5) + (10 + 5 + 3) = 43
2, 3, 1: 10 + (10 + 3) + (10 + 3 + 5) = 41
3, 1, 2: 3 + (3 + 5) + (3 + 5 + 10) = 29 ¬ (optimal)
3, 2, 1: 3 + (3 + 10) + (3 + 10 + 5) = 34
============================================
Exhaustive Search
·         Urutan pelangan yang dilayani oleh server merupakan suatu permutasi
·         Jika ada n orang pelanggan, maka tedapat n! urutan pelanggan
·         Untuk mengevaluasi fungsi obyektif : O(n)
·         Kompleksitas algoritma exhaustive search = O(nn!)

Penyelesaian dengan algoritma greedy
                   ·     Strategi greedy: Pada setiap langkah, pilih pelanggan yang membutuhkan waktu                                   pelayanan terkecil di antara pelanggan lain yang belum dilayani.



·         Agar proses pemilihan pelanggan berikutnya optimal, urutkan pelanggan berdasarkan  waktu pelayanan dalam urutan yang menaik.
·     Jika pelanggan sudah terurut, kompleksitas algoritma greedy = O(n).


·         Algoritma greedy untuk penjadwalan pelanggan akan selalu menghasilkan solusi optimum.

·         Teorema. Jika t1 £ t2 ££ tn maka pengurutan  ij = j,  1 £ j £ n meminimumkan
                      
                         


0 komentar:

Posting Komentar